Minggu, 27 Januari 2019

Menikmati Makan Siang Serba Jamur, Di Rumah Makan Jejamuran Jogja



November tahun lalu saya ke Jogjakarta dan sempatkan untuk makan siang di Rumah Makan (R.M) Jejamuran yang beralamat di Jl. Magelang KM. 11, Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Kec. Sleman, Jogjakarta.

Sebenarnya saya sudah lama tahu Jejamuran tetapi baru kali ini dapat menyempatkan datang ke sini atas rekomendasi teman yang memang suka makan di sini

Karena penasaran dengan menu makanannya yang serba jamur, datanglah saya pada saat jam makan siang, sebelum pamit meninggalkan Jogja sore harinya.

(sumber, http://kotajogjainfo.blogspot.com)

Ketika sampai, ternyata sudah ramai oleh pengunjung, dan saya harus masuk daftar waiting list, kurang lebih lima belas menit saya menunggu. Untuk membunuh waktu saya main ke toko oleh-olehnya yang juga ada di dalamnya. 

Berbagai macam makanan olahan yang terbuat dari jamur tersedia dan dikemas secara apik dan higienis, jadi bisa tahan jika harus disimpan lama.

Ada keripik jamur, rendang jamur, kornet jamur dll. Jika mau membeli tetapi kita ragu dengan rasanya, tenang saja, tersedia tester juga kok, dan kita bisa coba dulu sebelum membeli. Tampilan luar R.M. terlihat biasa saja, kayak R.M. kebanyakan. Tetapi ketika sudah masuk ke dalam ternyata luas sekali. 

(dokumen pribadi)

Di dalam ternyata sudah ramai, para pelayannya banyak, dan sibuk bolak-balik melayani pelanggan dengan sigap. Terlihat juga beberapa petugas yang berjaga di beberapa sudut.

Fasilitas yang tersedia pun lengkap. Toilet yang banyak, Mushola yang besar dan nyaman, taman kecil di dalam, kolam ikan yang bisa buat terapi dengan memasukkan kaki ke dalamnya, instagramable spots, dan arena budi daya jamur.

Waktu saya datang juga ada suguhan live music yang menarik. Kita juga bisa melihat dapur yang berada di tengah dengan jendela-jendela terbuka, jadi kita bisa sekalian melihat proses pembuatannya.

Untuk menu makanannya sendiri sebenarnya ada berbagai macam menu tersedia dengan bahan dasar jamur pastinya, tetapi atas rekomendasi teman, saya hanya pesan Nasi Putih, Sate Jamur, Tongseng Jamur, Rendang Jamur, Resoles, Dawet Jamur Kuping, dan Lime Squash.

Kurang lebih lima belas menit makanannya datang. Saya tinggal ke toilet dan shalat zuhur sebentar. Dari tampilannya terlihat tidak berbeda dengan makanan aslinya.

Dan ketika di makan rasanya amazing, karena rasa jamurnya seperti tidak berasa. Jadi seperti makan sate ayam biasa, tongseng, dan rendang. Dan favorit saya itu sate jamurnya.

                                                                      (dokumen pribadi)

Untuk rasa es dawetnya pun seperti es dawet biasa. So, you have to try it.  Pengalaman yang tidak biasa sih menurut saya makan di R.M. Jejamuran. Harga makanan di sini kisaran dari Rp. 3000-Rp. 25.000. Daftar menu dan harga yang saya pesan:

1.      Nasi Putih: Rp. 3000
2.      Sate Jamur: Rp. 19.000
3.      Tongseng Jamur: Rp. 17.000
4.      Rendang Jamur: Rp. 20.000
5.      Resoles (isi 3): Rp. 14.000
6.      Dawet Jamur Kuping: Rp. 13.000
7.      Lime Squash: Rp. 12.000
8.  Keripik Jamur (tergantung jenisnya): Rp. 15.000-Rp. 22.000


                                                            (dokumen pribadi)

Setelah kenyang saya pamit karena dikejar waktu juga, tetapi sebelumnya saya menyempatkan beli beberapa toples keripik jamur dan langsung pesan grab car menuju stasiun Lempuyangan.

Berangkat jam setengah tiga sore dan sampai di Jakarta setengah dua belas malam. 

Ada kejadian yang tak terduga ketika sampai kosan, ternyata oleh-oleh yang saya beli di R.M. Jejamuran itu ketinggalan di kereta. Dan saya hanya bisa tersenyum getir.



4 komentar:

  1. Jejamuran ini memang paling top, aku pun kalaua balik ke Jogja mau ke sana lagi.

    BalasHapus
  2. Mas Beni, kemarenan kenapa ndak bisa comment ya. Padahal saya mo bilang terimakasih referensi nya. Pas banget utk saya yg vegetarian ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba tuty, settingan saya kemarin pake g+ untuk komen. Dan sekarang g+ tutup. Jd gak bisa komen dan komen2 yg dulu ilang semua.

      Hapus

10 Film Terbaik dari Studio Ghibli yang Wajib Ditonton selagi masih Hidup

(sumber gambar; geek.com) Bagi penggemar film, anime, atau J-Culture pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Studio Ghibli. ...