Minggu, 25 Maret 2018

Yang Bikin Kangen di Tahun 90’an



Mungkin banyak yang bertanya apa sih generasi 90’an itu? kenapa belakangan ini banyak sekali yang menggaungkan hal-hal berbau generasi 90’an ini. Generasi 90’an, generasi milenial dan generasi Y adalah para manusia yang lahir di tahun 1980-1995 mereka yang hidup di tahun1990an yang merasakan kehidupan di tahun tersebut. Jadi generasi milenial ini adalah orang-orang yang kecil atau remaja di tahun sekitar 90an di mana mereka belum mengenal gadget secanggih sekarang.


Mereka yang hidup dan mengalami masa kecil di tahun 90an menurut penelitian adalah generasi yang paling bahagia. Karena mereka sangat menikmati masa kanak-kanak mereka. Ada banyak hal dan kenangan yang tidak akan pernah bisa di lupakan oleh generasi millenial, di mana tahun 90an adalah masa peralihan ke jaman teknologi yang lebih maju di tahun 2000an atau milenium.

Mereka yang merasakan masa kanak-kanak di tahun 90’an, berarti sekarang sudah besar bahkan ada yang sudah berkeluarga dan melahirkan generasi Z. Waktu kalian  kecil, di tahun 90’an hal-hal apa saja yang kalian ingat? Saya yakin kalian tidak akan pernah lupa masa-masa di tahun 90’an. Di mana yang namanya bermain itu ya memang benar bermain.  Main di luar bersama teman-teman. Main petak umpet, kasti, kelereng dan sebagainya.

                                                                     kaskus.com

Ketika fiilm kartun itu masih banyak di TV. Anak-anak masih mendengarkan lagu-lagu anak bukan lagu cinta-cinta yang sering mengangkat tema, selingkuh, patah hati atau pun pernikahan. Di mana kita bisa sering bermain di luar dengan teman-teman.

Generasi 90an mengklaim diri mereka adalah generasi yang paling bahagia dari generasi yang pernah ada. Sebagai seorang yang pernah merasakan hidup di tahun 90an saya pribadi setuju dengan pernyataan itu. Walaupun banyak juga loh yang tidak setuju dengan itu. Seperti waktu itu ada selebgram yang nyinyirin generasi 90an yang menurutnya generasi 90an itu adalah generasi yang iri dan kalah dengan generasi zaman now. 

Kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk mengenang masa-masa di mana tahun 90an itu adalah tahun yang emas. Ada banyak kenangan yang kita alami yang unforgetable banget di tahun 90an, dari yang banyak itu saya ingin menyimpulkan beberapa kenangan yang ada di tahun 90an.



1. Kangen Marathon Kartun di Hari Minggu

                                                               www.memekocak.my.id


Anak 90an pasti tahu dan pernah nonton kartun di Teve pada hari minggu. Di mulai dari jam lima sampai siang. Urutan yang saya ingat adalah dari jam lima shubuh itu ada Club Disney, Chibu Maruko Chan, Kobo Chan, Doraemon, P-Man, Satria Baja Hitam, Crayon Shinchan, Detective Conan,  Digimon Adventure, Dragon Ball, One Piece, Power rangers dll. Atau kalo di Senin-Jumat ada Sailormoon, Saint Seiya, Captain Tsubasa, Hatchi dan banyak lagi. Sumpah, jadi kangen nih.

2. Kangen Sinetron Jaman Dulu

                                                                         trivia.id


Kalian masih ingat Keluarga Cemara yang tayang sore di RCTI? Kalo ingat dan pernah nonton berarti seharusnya kalian sudah bekeluarga hehe. Kera Sakti yang setiap malam tayang yang bisa jadi alasan saya bolos mengaji. Di tahun 90an itu sinetron tidak tayang setiap hari kayak sekarang biasanya tayang seminggu sekali durasinya juga tidak lama-lama. 30 menit-1 jam.

Kayak sinetron Bidadari yang jadi tontonan wajib di hari minggu malam senin. Apalagi bisa lihat Marshanda, senang banget dah rasanya hehe sebenarnya masih banyak sinetron legendaris seperti Tersanjung yang nggak kelar-kelar, Tersayang (Dulu pernah punya topinya nih hehe), Wah Cantiknya (Itu loh Si Cecep aka Anjasmara dan Tamara Blezinsky) dan masih banyak lagi sinetron-sinetron bagus pada jaman itu.

3. Mainan Anak-anak 90an yang Hits

Nama satu mainan yang ada di otak saya kalau di tanya mainan yang paling oke sampai sekarang adalah Tazos. Waktu itu lagi boomingnya kartun Pokemon (ada juga yang versi Looney Toons) yang tayang di SCTV jaman SD punya banyak Tazos yang di dapat dari snacks Chiki Balls, Chitato, Chitos sama Jet-z (Snack Favo saya waktu kecil, yang rasa paprika) untuk bisa beli snacks ini harus bela-belain sisain uang jajan. 

Selain Tazos ada Tamiya, dulu sempat penyuka Tamiya bahkan sampai di modif segala, ikutan balapan bahkan sampai pernah nyebur ke got, untungnya nggak rusak, Cuma bau aja sih hehe. Tamagochi juga sempat punya, karena dulu nggak bisa ngurusnya akhirnya sakit, mati dan jadi telur lagi. “Sumpah, nggak ngerti gua harus gimana lagi maen Tamagochi.” Ada juga adalah nintendo, sega yang dulu biasanya main di rumah teman. Ada PS aka Play Station mainan canggih yang hits banget di akhir tahun 90an. 

Kalau sudah di rental PS bisa sampai seharian, pulang Cuma buat makan doang, sampai sendal hilang. Winning Eleven, Harvest Moon, Smack Down, CTR dan banyak lagi “Pokoknya main PS itu bisa bikin gua lupa waktu hehe”

Oh ya, jangan pernah melupakan game legend ini, yup, Jimbot atau Brick Game yang bisa ngomong, “Bego lu.. atau Boleh juga lu..” dan yang terakhir adalah Ding-dong yang tidak boleh dilewatkan. Ini dia game yang bisa bikin anak sekolah pada bolos.

4. Permainan Tradisional Anak-anak 90an 
                                                           www.memekocak.my.id
Jika kids jaman now lebih senang bermain di dalam rumah dengan gadgetnya. Beda hal dengan anak-anak yang hidup di tahun 90an. Mereka lebih sering bermain di luar rumah, bahkan sampai di samperin Ibunya sambil bawa sapu lidi kalo sudah mau masuk maghrib saking asyiknya main bareng teman-teman. 

Ada banyak permainan yang tersaji di jaman 90an. Pasti generasi 90an masih ingat, kan. Ada petak umpat, Petak Benteng, Kelereng, Gambaran, Karet (kayaknya waktu itu cowok juga pada suka main karet, jadi yang megangin hehe) terlalu banyak kalau harus disebutkan satu-satu ya. Kalo saya pribadi lebih suka main bola gebok (orang Bekasi biasa nyebutnya begitu) sambil hujan-hujanan, beuh kalo kena badan bisa nyeplak, karena bolanya habis jatuh dari got, sakitnya dapat, senangnya dapat, baunya juga dapat. hehe

5. Kangen Jajanan 90an 


Waktu jaman SD pasti kalian pernah makan lidi-lidian atau makaroni yang pedas dan kayak akan micin, hehe walaupun jaman sekarang juga masih ada dan kemasannya pun beragam dan kekinian. Atau beli martabak telor yang wajannya kecil-kecil dan kita masak sendiri, ya ampun, sekarang masih ada nggak ya. Kalo jajanan warung yang menurut saya fenomenal dan tidak tahu keberadaanya sekarang itu adalah Anak Mas. Ada dua rasa,  rasa Ayam yang asin dan Keju yang asin tapi ada manis-manisnya. 

Jajanan warung juga ada banyak banget sebenarnya, Anak Mommy (sejenis Anak Mas), Choki-choki (sekarang juga masih ada), Kacang Ginja, ada yang masih ingat, nggak? Sejenis kacang sukro tapi warna tepungnya kuning dan asin. Ada juga coklat ayam jago, Chiki Chuba dll. Nggak ada habisnya pokoknya dah kalo ngomongin jajanan jaman dulu. Selain enak juga murah. Pernah merasakan juga beli permen sugus cepek dapatnya empat biji.

6. Lagu Anak-anak 90an itu Buanyaak yang Enak-enak


Masih ingat Bondan Prakoso Si Lumba-Lumba, Enno Lerian yang lagunya Dubi Dubi Damdam atau Nyamuk Nakal, Melisa dengan Abang Tukang Bakso, Maisy Ci Luk Ba, Chiquita Meidy,  Trio Kwek-Kwek, Saskia & Geofany, Agens Monica sampee Sherina masih banyak lagi lagu-lagu anak yang hits di tahun 90an. Jaman dulu acara di Teve itu seimbang antara acara dewasa, remaja, anak-anak dan semua umur. Acara musik anak-anak juga banyak, kalo kalian masih ingat, dulu itu ada acara anak-anak yang dibawakan oleh artis cilik dari Ideal Record (Label musik), yup, Dunia Anak.

Ada juga Ci Luk Ba yang di bawain sama Maisy. Tralala-trilili juga jadi teman kamu sehabis pulang sekolah yang dibawain sama Agnez Mo dan Indra Bekti. Kring-kring O La La dan Bando ya Ampun. Sebenarnya ada banyak acara anak di tahun 90an tapi yang baru saya ingat itu, dulu juga ada acara lagu anak yang dibawain Dhea Ananda di TPI tapi lupa namanya apa, atau di TVRI setiap pagi plus ada acara dongengnya juga, tapi lupa namanya apa kalo nggak salah yang bawain Cantika.
***
Kalau ngomongin hal-hal yang berbau 90an itu memang nggak pernah bakal ada habisnya. Karean 90an itu adalah era transisi dari era tradisional ke era millenium di mana teknologi mulai bermunculan. Untuk kali ini saya cukupkan dulu ya mengenang masa-masa 90an, ingat umur. Hehe






Empat Hari untuk Selamanya (Part III)

(Kemanapun Kaki Kita Melangkah, Pulang Jualah Tetap Tujuan Utama Kita) Perjalanan kami masih berlanjut ke negara berikutn...