Jumat, 14 April 2017

Mengenal Tiga Tipe Kepribadian Manusia (Personality)







                                                 Mengenal Tiga Tipe Kepribadian Manusia (Personality) 



 
http://www.beritacianjur.com/read/7381/mengenal-3-jenis-kepribadian-manusia


      
      Hari ini saya ingin menulis tentang Kepribadian Manusia atau Personality. Nggak tahu kenapa saya suka baca artikel atau buku tentang Psikologi atau yang berkaitan dengan Kepribadian Manusia. Dan memperhatikan karakter orang-orang disekitar itu salah satu hobi saya. Agak awkward ya kedengarannya, hehe..

Oh ya, menurut ahli Psikologi asal Swiss, Bapak Carl Gustav Jung (C. G Jung), terdapat tiga jenis tipe kepribadian yang dimiliki manusia. Mungkin kalian tidak asing dengan kedua tipe kepribadian ini, Introvert dan Ekstrovert. Tetapi pernahkah kalian tahu sebelumnya bahwa kepribadian yang ketiga ini kurang populer dibandingkan yang lain, yaitu Ambivert.
 
      Sebelumnya saya akan memberikan tes kepribadian yang saya ambil dari Mba Fransisca Grace Dei Naibaho (Gogirl! Apprentice)
Termasuk kepribadian manakah kalian. Monggo...

(What you have to do is only choose “T” if you agree about the statement or you can choose
“F” if you disagree with the statement)
 
.       Saya lebih suka bercerita mengenai kehidupan saya dibanding mendengarkan teman saya bercerita (T/F)
. Saya kurang nyaman jika pergi ke toko buku seorang diri (T/F)
. Saya sangat suka bertemu orang baru (T/F)
. Bagi saya olahraga yoga adalah olahraga yang membosankan (T/F)
. Saya lebih senang mengerjakan tugas secara berkelompok daripada mengerjakan tugas secara individu   (T/F)
. Saya suka sekali jika orang sekeliling saya memperhatikan apa yang saya bicarakan (T/F)
. Saya lebih baik menonton live concert
  daripada menonton bioskop (T/F)
. Saya suka memulai pembicaraan terlebih dahulu (T/F)
. Saya tidak pernah merencanakan sesuatu jauh hari sebelumnya (T/F)
. Saya mudah bosan akan suatu hal (T/F)


Kalo jawaban kamu lebih banyak yang “T”, it means you are an EXTROVERT! Sebaliknya, kalo jawaban kamu lebih banyak yang “F”, kamu adalah seorang INTROVERT. Tapi gimana kalau jawaban kamu berimbang? It means you are an AMBIVERT!

1. Introvert
 
      Kalau saya sederhanakan, pengertian Introvert menurut C.G Jung adalah sikap atau karakter seseorang yang mengandalkan intuisi atau perasaan dalam menjalani kehidupannya.
Sesorang yang Introvert cenderung lebih suka sendiri dan menyendiri. Mereka memiliki pribadi yang tertutup. Senang melakukan kegiatan sendiri daripada berkelompok karena mereka banyak menghabiskan Me Timenya.

Mungkin, kalau ditanya kegiatan apa yang paling melelahkan untuk Introvert, mereka pasti serentak menjawab, bersosialisasi. Kegiatan yang mereka sukai contohnya adalah membaca, menulis, kegiatan yang berhubungan dengan seni, komputer atau kegiatan yang bisa dilakukan sendiri.

Mereka sangat menyukai ketenangan dan kesunyian, kurang menyukai keramaian. Intuisi mereka biasanya kuat. Orang yang Introvert bisa terlihat dari penampakan luarnya. Biasanya mereka terlihat kalem, tenang, cool dan misterius. Tetapi jika kalian sudah mengenal lebih dalam tentang mereka, dan hanya orang yang dekat dan dipercaya karena mereka saja yang tahu itu. Pasti kalian akan terkaget kalau mereka juga bisa diajak gila-gilaan bareng.

Mereka akan berpikir lebih dahulu sebelum berbicara dan tipe pendengar yang baik. Biasanya mereka yang Introvert itu suka dengan hujan atau aroma tanah saat bersentuhan dengan hujan.

Beruntung bagi kalian jika mempunyai teman atau sahabat yang Introvert karena jika mereka sudah banyak cerita ke kalian, berarti mereka sudah sangat percaya sama kalian. Karena mereka cenderung tipe orang yang tidak mudah percaya sama orang lain. Jadi teman mereka sedikit. Tetapi kesetian mereka jangan ditanya. Dan mereka understanding banget dengan sahabatnya.


2. Ekstrovert

Untuk orang-orang Extrovert itu adalah kebalikan dari tipe introvert.
Mereka tidak suka menyendiri. Mereka lebih suka kegiatan di luar ruangan, mereka sangat menyukai aktifitas sosial dan senang bergaul. Jika seorang Introvert lebih suka menyendiri, lain halnya dengan Extrovert, mereka sangat menjauhkan hal-hal seperti itu karena kegiatan seperti itu akan membuat mereka bosan.

Si Ekstrovert itu gaul banget deh. Punya banyak teman dan suka ngomong atau ngobrol. Ramelah pokoknya. Ekstrovert itu paling nggak betah di rumah. Biasanya mereka tukang jalan dan hang out bareng teman-temannya yang segambreng. Hehe

3. Ambivert

Dan sekarang saya sudah masuk tipe kepribadian yang terakhir, Ambivert. Ambivert itu berada di tengah-tengah Introvert dan Ekstrovert. Jadi tipe kepribadian ini sometimes bisa menjadi Introvert, kadang juga menjadi Ekstrovert. Dan menurut penelitian, setengah manusia di bumi ini memiliki tipe kepribadian ini.

Seorang Ambivert itu bisa menjadi orang yang rame pada saat kumpul dengan teman-temannya. Mereka juga punya banyak teman tetapi hanya sedikit yang dijadikan teman dekat atau sahabat. Tetapi pada saat mereka sudah merasa lelah, mereka pasti akan pergi menyendiri, Me Timean lah istilah kekiniannya. Karena itu merupakan salah satu cara untuk merecharge energinya kembali. Karena bersosialisasi juga membutuhkan energi yang banyak. Si Ambivert bisa dibilang Moodyan juga karena seperti itu.

Segitu aja yang bisa saya tulis tentang Personality. Semoga dengan mengetahui Kepribadian Manusia yang unik dan beragam ini, kita jadi bisa lebih mengerti orang lain, lebih terasah lagi Sense of Humanitynya. Terimakasih.


Empat Hari untuk Selamanya (Part III)

(Kemanapun Kaki Kita Melangkah, Pulang Jualah Tetap Tujuan Utama Kita) Perjalanan kami masih berlanjut ke negara berikutn...