Senin, 13 April 2015

Semangat Kembali Hidup Kembali





Bulan ini gua merasa semangat hidup gua menggelora kembali. Buku-buku yang udah gua khatamin di tengah keterpurakan dan kebosanan hidup yang gua jalanin, berhasil mengembalikan semangat hidup gua. Berhasil membawa gua kembali ke tujuan awal hidup gua. Mimpi dan harapan yang sudah gua tanam ke dalam pikiran gua. Gua nggak boleh berhenti dan menyerah sebelum semua mimpi dan harapan gua tercapai. Sebelum hidup gua berjalan seperti apa yang gua inginkan. Sebelum gua membagi ilmu yang gua punya ke khalayak.
Buku-buku yang berhasil gua selesaikan antara lain, Super Father (Buku gua bareng teman-teman FLP Bekasi), Chocolat-nya Joanne Harris, Great Gatsby by F. Fitzergerald, Anna Kareninna karya legendaris dari salah satu penulis yang gua kagumi; Leo Tolstoy, Psikopat di Dekat Anda dari Masnawi Renaldi (Buat Ref. Novel gua yang bergenre thriller), Show Your Work karya Austin Kleon dan yang terakhir adalah Little Women dari Louisa May Alcott. Buku-buku ini udah sukses buat gua semangat lagi dan berpikir dalam tentang arti hidup ini.
Dalam buku-buku ini, gua diingatkan kembali oleh mimpi-mimpi dan ambisi hidup gua. Bagaimana betapa inginnya gua menjadi orang yang sukses, kaya dan berharta untuk tujuan pertama gua adalah membahagiakan orang-orang terdekat gua, di mulai dari keluarga (orang tua) dan orang-orang di sekitar gua. Walau begitu gua akan tetap hidup sederhana karena pada hakikatnya hidup sederhana itu adalah kebahagian dan kekayaan itu tersendiri.

Kemudian, mengingatkan gua akan betapa inginnya gua backpackeran ke berbagai penjuru dunia. Melihat segala kebesaran dan maha karyaNya agar gua bisa banyak belajar tentang arti hidup ini yang sesungguhnya, membuka pikiran dan hati gua. Dan juga mengajarkan gua untuk terus berkarya, jangan pernah berhenti selagi masih bernyawa dengan membuat buku dan tulisan agar bisa tembus di berbagai macam media cetak.  Juga bisa singgah ke berbagai negara melalui karya yang gua buat. Dan pelajaran terpenting yang berhasil gua tangkap adalah kerja keras, yang Insya Allah akan menggiring gua ke arah kesuksesan dan merealisasikan semua jenis mimpi dan ambisi gua.
Membaca buku adalah salah satu cara sederhana -di samping berdoa tentunya- untuk mengembalikan semangat hidup gua di kala sedang down, depresi dan lelah dengan berbagai persoalan hidup. Memang sejatinya kita sendirilah yang harus mengembalikan semangat hidup. Apa pun caranya itu, karena banyak cara yang sudah tersedia, tergantung kitanya, mau berlarut dengan ini semua atau mau bangkit kembali. Kembali lagi, Hidup itu pilihan dan Hidup itu terlalu berharga untuk disia-siakan.
 Adakalanya gua merasa perlu untuk mendapatkan masalah dan ujian hidup. Karena setiap masalah yang datang menimpa gua adalah tempaan untuk diri gua agar menjadi pribadi yang kuat dan berharap gua memanfaatkannya untuk lebih merenungkannya lagi dan bisa mengambil setiap pelajaran atau hikmah yang ada. Gua ingat quote yang bagus tentang arti hidup, dari novel Anna Kareninna karya Leo Tolstoy, “Mati itu mudah, bertahan hiduplah yang sulit. Memilih bertahan hidup membutuhkan keberanian lebih dibandingkan memilih kematian.” Dalem..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar