Kamis, 19 Maret 2015

Delapan Sumber Ide untuk Bahan Tulisan




Delapan Sumber Ide Untuk Bahan Tulisan

Banyak yang bilang ide atau inspirasi itu banyak dan ada di mana-mana. Tetapi kenapa  masih banyak orang yang merasa susah mendapatkannya, atau mentok nggak ada ide pada saat mengerjakan tulisan. Tenang saja, buat kalian yang sedang risau bin galau mencari ide, simak deh delapan tips untuk mendapatkan ide-ide cemerlang buat bahan tulisan kita. Lets check these out.

1.      Pengalaman pribadi
Yup, yang pertama adalah pengalaman pribadi. Pasti kalian pernah dengar sebuah anonim yang mengatakan bahwa ‘Pengalaman adalah guru yang paling berharga.’ Betul sekali. Melalui pengalaman kita bisa mudah mendapatkan ide atau menuangkan ide cerita ke dalam tulisan. Melalui pengalaman pribadi, kita bisa jauh lebih mudah menumpahkan ide penulisan dari pengalaman yang kita alami. Karena berdasarkan pengalaman pribadi, kita jadi lebih tahu dan lebih mendalami cerita yang akan kita buat.

2.      Membaca buku
Setiap orang yang suka menulis pasti suka membaca. Membaca membuat tulisan kita kaya dan berisi. Banyak ide yang bisa kita dapat dengan membaca. Membaca bisa apa saja, seperti membaca koran, novel, majalah atau buku-buku lainnya. Jika kita ingin membuat novel, banyaklah membaca novel, dengan banyak membaca novel, kita bisa tahu bagaimana cara membuat paragraf pertama yang menarik atau bagaimana menggunakan kata-kata sebagai metafora dalam menggambarkan suasana, setiap adegan atau kejadian di novel kita. Dan apabila kita ingin membuat artikel yang bagus, banyak-banyaklah membaca koran atau majalah, biasanya di media-media tersebut terdapat banyak contoh artikel bagus yang layak untuk kita pelajari dan contoh.

3.      Menonton film
Menonton film tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan wawasan dan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan menonton film kita bisa melihat penggambaran cerita yang lebih jelas. Penggabungan antara cerita, akting dan kualitas gambar sangat membantu kita untuk mendapatkan ide baru dan segar. Banyak sekali film yang di adaptasi dari novel. Cerita tetap menjadi kekuatan nomor satu dalam dunia perfilman.

4.      Mendengarkan musik
Musik sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita belakangan ini. Dari musik kita bisa merefleksikan pikiran kita. Tidak hanya menghibur dan menentramkan. Musik atau lagu-lagu yang kita dengarkan pun bisa membangkitkan mood kita kembali. Dengan terciptanya mood yang bagus, pencarian ide pun menjadi lebih mudah. Setiap lirik yang terdapat dalam sebuah lagu bisa membantu kita untuk mengembangkan menjadi sebuah cerita yang menarik dan kompleks.

5.      Mendengarkan cerita teman
Sering nggak sih kita mendengarkan teman cerita atau sekedar curhat. Ternyata dari situ kita bisa mendapatkan ide cerita untuk menulis loh. Mungkin teman kita suka cerita tentang pacarnya yang  ketahuan selingkuh dengan sahabatnya. Atau berbagai kisah dari temanmu yang menurutmu menarik untuk di buat cerita. Kamu bisa ambil ide cerita itu dengan menambahkan bumbu-bumbu cerita agar lebih enak di baca.

6.      Keluar rumah, perhatikan sekitar
Sebagai penulis kita wajib peka dengan kondisi sekeliling kita, di mana ide-ide menulis melimpah ruah. Keluar rumah untuk mengamati tidak selalu hanya di sekitar rumah. Mungkin kita bisa perhatikan orang-orang di dalam bus waktu kita berangkat sekolah maupun ke kampus. Pada saat berada di sekolah atau pada saat kita sedang jalan-jalan untuk berwisata pun banyak ide berseliweran. Kita bisa mempelajari dan tahu banyak berbagai macam karakter orang. Bahkan kalau kita pergi jauh seperti keluar kota atau tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungi, kita bisa mempelajari adat istiadat maupun kearifan lokal daerah tersebut. Tulisan kita akan semakin kaya dan berisi.

7.      Internet
Siapa sih yang nggak tahu internet. Bukan hanya untuk gaya hidup saja. Tetapi di jaman sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan kita. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Dari internet kita bisa melakukan banyak hal. Dari yang hanya sekedar browsing tentang berbagai macam informasi, mendengarkan musik, menonton film dan banyak lagi. Hiburan, pendidikan, bisnis maupun bersosialisasi dari internet bisa kita lakukan. Bohong jika kita tidak mendapatkan ide dari media yang satu ini.

8.      Toilet
Mungkin terdengar nyeleneh. Tetapi banyak loh ide-ide menarik yang kita dapat pada saat kita berada di ruang kecil yang bernama toilet ini. Pada saat kamu sedang buang air sambil termenung, Biasanya ide-ide suka menghampiri. Nggak percaya, silahkan deh di coba ;).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar